Nasehat Syaikh Faisal bin Qazzar Al-Jasim Tentang Kewajiban Kaum Muslimin Terhadap Genosida Gaza

Kewajiban Kaum Muslimin Terhadap Tribulasi Di Gaza كلمة توجيهية فيما يجب على المسلمين تجاه محنة غزة ‏الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله...

Kewajiban Kaum Muslimin Terhadap Tribulasi Di Gaza
كلمة توجيهية فيما يجب على المسلمين تجاه محنة غزة
‏الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه وبعد،
فاعلم أنه لا يُعرف عن عالم معتبر قط لا من المتقدمين ولا من المتأخرين أنه أطلق لسانه في نقد المسلمين وقت حرب العدو الكافر لهم وتسلطه عليهم، مهما كانت أسباب نشوب الحرب بينهم، وعلى أي حال كانوا باعتبار الاتباع والابتداع.
‏لأن المقام يقتضي النصرة والتثبيت ودحر العدو وهو فريضة الوقت.
ولما شن حاكم سوريا حملته ضد جماعة الاخوان المسلمين متهما اياهم بمحاولة قلب الحكم، وجه الشيخ ابن باز رسالة يدعو المسلمين الى معونتهم ونصرتهم، ولم يوجه الشيخ خطابه للاخوان يعتب عليهم استثارة حاكم سوريا او تخطيطهم للاطاحة به مع ضعفهم وقوته وتمكنه منهم، ولم يشتغل بنقد منهجهم الفكري لان المقام مقام نصرة ضد المعتدي الكافر
‏فكيف اذا كان العدو المعتدي الكافر غاصبا بلاد المسلمين مستحلا حرماتهم، ناهبا خيراتهم، واجب المدافعة والمجاهدة، وقد ذكر الله غدره وخيانته في كتابه.
‏فهل يشك عاقل في وجوب أن يكون الخطاب وقت الحرب خطاب نصرة للمسلمين ودعم وتداعي على ذلك بالسيف والمال والمعونة.
‏بل لا ينتقد المسلمين في هذه الحال إلا من كان عنده قصور في العلم أو العقل أو ممن يسترزق بهذا النقد ويلتمس رضا بعض المسؤولين.
والنقد العام المتعلق بأسباب الحرب وعدته وعتاده إن جاز فإنما يجوز حال الأمن لا الحرب.
‏واعلم أن الكلام وقت الفتنة والحرب أشد من وَقْع السيف: تنشيطا أو تثبيطا.
وتقدير الامور يكون لاهل البلد انفسهم فهم اعلم بحالهم ومصالحهم،
وانما يجب على اهل الشأن في بلاد المسلمين من الحكام والعلماء التواصل معهم لنصيحتهم في الغرف المغلقة بعيدا عن الاعلام والاعلان،
هذه هي الطريقة العلمية التي تعالج بها الامور.
واما ان يخوض فيها العامة وطلبة العلم تحريما وتزهيدا وانتقادا، فليس من منهج اهل العلم.
وانما الواجب إظهار وإعلان الدعم والنصرة.
واقل مفاسده تثبيط العامة عن معونة الضعفاء ودعمهم بما يسمعون من النقد والعيب.
ولا يمكن لاحد ان يحكم على وضع عام في بلد آخر بتقديراته الشخصية فيمنع او يبيح، ولا ينبغي ان يخوض في التحليلات والتشخيصات على وجه معلن منشور.
كما أن تعليق الأحكام إنما يكون على المعلوم المتحقق لا المظنون الموهوم، خلافا لما يفعله بعض الدعاة وللأسف ممن يخوضون في التحليلات السياسية ويبنون عليها الأحكام الشرعية معرضين عن الواقع المشاهد المعلوم، فيتركون فريضة الوقت والواقع المتحقق ويشتغلون بالتنظير لفريضة المستقبل المظنون الموهوم.
‏ونقد الجماعات ليس كنقد الحكومات
‏وحماس لها نصيب من الولاية في غزة فهي صاحبة الشوكة فيها الآمرة الناهية، فلها نصيب من حقوق الولاية، وعلى هذا فتسليط سهام النقد عليها قد يأخذ حكم نقد الحكومات الاسلامية في بلاد المسلمين، ولا يخفى أن أشده ضررا وأعظمه قبحا ونكارة ما يكون وقت الحرب مع الكفار.
‏بل من المتعين أن يوجه الخطاب ايضا إلى الحكومات الاسلامية ودعوتها الى القيام بواجبها من النصرة والمعونة حسب القدرة الحقيقية والاستطاعة
‏وأما توجيه النقد وسهامه على المستضعف المستباح وترك نقد القوي القادر التارك لما أوجب الله عليه تجاه المستضعفين فهذا من الكيل بمكيالين وهو نوع من التناقض او المحاباة والمداهنة.
‏وقضية فلسطين ليست كغيرها من قضايا المسلمين فإن فيها المسجد الأقصى مسرى النبي ﷺ
‏وتطهير المسجد الاقصى من دنس اليهود من أعظم الواجبات وأوجب الجهاد، وما عُظّم صلاح الدين الايوبي عند المسلمين حتى صار له قدم صدق في الامة الا لتطهيره بيت المقدس من ايدي غاصبيه النصارى حتى عُد فعله هذا من اجل اعماله، وإلا فإنه كان أشعريا، ونشر مذهب الاشاعرة، ومع ذلك امتدحه المسلمون وأثنوا عليه لتطهيره بيت المقدس، وما فرح المسلمون بمثل فرحهم باسترداد بيت المقدس.
ومن المهم التنبيه على أن الواجب في هذه الامور العامة أن يلتزم الانسان الموقف الشرعي، بما يتوافق مع موقف بلده تجاه القضية الفلسطينية، فإذا اتخذت حكومته موقفا معلنا في نصرة في قضيتهم ضد اليهود، وهو يخالف ذلك ويعلن موقفا مغايرا وينشره ويذيعه، فهذا نوع من الافتئات على الحاكم، ويُعد خروجا عن نهج السلف في القضايا السياسية العامة، ويعظم قبحه إذا صدر ممن يدندن كثيرا حول الاصل الشرعي بالسمع والطاعة ولزوم الجماعة.
‏سئل الشيخ ابن باز: ماذا يجب على المسلم نحو المجاهدين المسلمين في سوريا الآن؟ [في احداث حماة سنة 1982م]
‏فأجاب:
‏الذي نعلم عن حالهم أنهم مظلومون، وأنهم يستحقون العون والمساعدة؛ لأن الدولة الآن تقتل فيهم تقتيلاً شديداً، وهم إنما طالبوا بحكم الإسلام ولم يطالبوا بغير حكم الإسلام، والدولة دولة كافرة نصيرية علوية رافضية باطنية، فيجب أن ينصروا وأن يعانوا حتى يستنقذوا بلادهم من أيدي عدوهم الكافر الملحد الذي لا يألوا شراً بالمسلمين ولا يألوا خبالاً بالمسلمين.
‏دونك كلام العلماء ودع عنك كلام من هو دونهم.
‏نصر الله أهل غزة وأعزهم على عدوهم وأبطل كيده ورد مكره وأهلك جنده وكشف شره وأشغله بنفسه.
كتبه/ فيصل بن قزار الجاسم
26 ربيع الاول 1445
11 اكتوبر 2023
Serangkaian Taujih Tentang Kewajiban Kaum Muslimin terhadap Tribulasi di Gaza
Segala puji bagi Allah, salawat dan salam semoga tercurah kepada Rasulullah, keluarga dan para sahabatnya. Amma ba’du:
Ketahuilah, tidak pernah dikenal dari seorang ulama yang terpercaya, baik dari kalangan ulama terdahulu maupun belakangan, bahwa mereka menggunakan lisannya untuk mencela kaum Muslimin saat mereka sedang diperangi oleh musuh kafir yang menyerang mereka — apa pun sebab pecahnya perang itu, dan bagaimana pun kondisi mereka dari segi mengikuti sunnah atau melakukan bid'ah.
Karena keadaan semacam ini menuntut dukungan, penguatan, dan pengusiran musuh. Inilah kewajiban saat itu.
Ketika penguasa Suriah melancarkan serangan terhadap kelompok Ikhwanul Muslimin dengan tuduhan hendak menggulingkan kekuasaan, Syaikh Ibnu Baz mengirim surat yang menyeru kaum Muslimin agar membantu dan menolong mereka. Syaikh tidak menyalahkan pihak Ikhwan karena dianggap memprovokasi penguasa atau karena kelemahan mereka dibanding kekuatan penguasa. Ia juga tidak sibuk mengkritik pemikiran mereka, sebab saat itu adalah waktu untuk menolong mereka melawan musuh kafir yang menindas.
Lalu bagaimana lagi jika musuh yang menyerang adalah kafir penjajah negeri kaum Muslimin, yang menghalalkan kehormatan mereka, merampas kekayaan mereka, dan Allah pun telah menyebutkan pengkhianatan dan tipu dayanya dalam kitab-Nya?
Maka apakah ada orang berakal yang ragu bahwa waktu perang adalah waktu untuk menyuarakan dukungan kepada kaum Muslimin, memberikan bantuan, baik dengan pedang, harta, maupun pertolongan lainnya?
Tidak ada yang mencela kaum Muslimin dalam kondisi semacam ini kecuali orang yang kurang ilmu atau akal, atau mereka yang menjadikan kritik semacam itu sebagai ladang mencari nafkah dan mencari ridha sebagian penguasa.
Kritik umum terhadap sebab-sebab perang atau perlengkapan tempurnya — jika diperbolehkan — maka itu hanyalah saat kondisi aman, bukan saat perang.
Ketahuilah, bahwa perkataan di waktu fitnah dan perang lebih tajam dari pedang — bisa menyemangati atau bisa melumpuhkan.
Penilaian terhadap suatu situasi seharusnya dikembalikan kepada penduduk negeri itu sendiri karena mereka lebih tahu keadaan dan maslahat mereka. Adapun yang menjadi kewajiban bagi para pemimpin dan ulama di negeri kaum Muslimin adalah berkomunikasi secara pribadi, menasihati secara tertutup, bukan melalui media dan siaran publik.
Inilah cara ilmiah dalam menangani persoalan. Adapun jika orang awam dan para penuntut ilmu ikut mencela, memvonis haram, melemahkan, maka itu bukan manhaj para ulama.
Yang wajib adalah menampakkan dan menyuarakan dukungan dan pertolongan. Paling tidak, menghindari ucapan yang membuat orang awam enggan membantu orang-orang lemah karena mendengar kritik dan celaan itu.
Tak seorang pun berhak memutuskan sikap terhadap kondisi umum di negeri lain hanya berdasarkan perkiraan pribadinya, lalu menghalalkan atau mengharamkan sesuatu, atau membuat analisa dan diagnosis yang diumumkan secara terbuka.
Penetapan hukum juga hanya boleh dilakukan atas hal-hal yang nyata dan pasti, bukan atas dasar dugaan atau bayangan semata — berbeda dengan sebagian dai yang, sayangnya, gemar membuat analisa politik lalu membangun hukum syar’i berdasarkan hal tersebut, sambil mengabaikan realita nyata yang sedang terjadi. Mereka justru meninggalkan kewajiban yang sedang berlangsung dan sibuk dengan perencanaan terhadap kewajiban yang belum tentu terjadi.
Mengkritik kelompok perlawanan tidak sama seperti mengkritik pemerintah.
Dan Hamas, karena memiliki kekuasaan nyata di Gaza — yang memerintah dan melindungi — maka ia memiliki sebagian hak sebagai pemimpin. Maka kritik terhadapnya saat perang dengan orang kafir bisa termasuk dalam larangan mengkritik pemerintah Muslim di negeri Islam, dan paling berbahaya serta tercela jika dilakukan saat peperangan.
Bahkan wajib juga mengalihkan perhatian kepada pemerintah-pemerintah di negeri Islam, menyeru mereka untuk menjalankan kewajiban mereka dalam menolong dan membantu — sesuai kemampuan nyata mereka.
Adapun mencela yang tertindas dan dibiarkan, serta meninggalkan celaan terhadap yang kuat dan mampu namun lalai menjalankan kewajibannya terhadap yang lemah, ini termasuk standar ganda, dan bentuk dari kemunafikan atau penjilat kekuasaan.
Masalah Palestina bukan seperti masalah-masalah umat Islam lainnya, karena di sana ada Masjidil Aqsha, tempat Isra' Nabi ﷺ.
Membersihkan Masjidil Aqsha dari najis kaum Yahudi termasuk kewajiban paling agung, dan bentuk jihad yang paling utama. Tidaklah Salahuddin al-Ayyubi dimuliakan oleh kaum Muslimin hingga namanya harum di seluruh dunia Islam, kecuali karena keberhasilannya membersihkan Baitul Maqdis dari tangan penjajah Nasrani. Perbuatan ini dianggap sebagai pencapaian terbesarnya — padahal ia seorang Asy’ari yang menyebarkan mazhab Asy’ari — namun tetap dipuji oleh umat karena keberhasilannya membebaskan tanah suci.
Penting juga untuk diingat bahwa dalam urusan-urusan besar seperti ini, setiap Muslim harus berkomitmen pada posisi syar’i, dan posisinya sejalan dengan sikap resmi negaranya terhadap masalah Palestina. Jika pemerintahnya menyatakan dukungan terhadap rakyat Palestina melawan Yahudi, namun ia menentangnya dan menyuarakan hal yang berbeda, maka itu bentuk pembangkangan terhadap pemerintah dan keluar dari jalan salaf dalam urusan politik umum — lebih buruk lagi bila ini dilakukan oleh orang yang kerap menyerukan pentingnya taat kepada pemerintah.
Seseorang bertanya kepada Syaikh Ibnu Baz:
“Apa kewajiban seorang Muslim terhadap para mujahidin Muslim di Suriah saat ini?” (Peristiwa Hama tahun 1982)
Beliau menjawab:
“Yang kami ketahui tentang keadaan mereka adalah bahwa mereka orang-orang yang dizalimi, dan mereka berhak mendapatkan bantuan dan pertolongan. Negara (Suriah) saat ini membantai mereka dengan brutal. Mereka hanya menuntut penerapan hukum Islam, tidak yang lain. Sedangkan pemerintahnya adalah pemerintah kafir, Nushairiyah, Rafidhah, Bathiniyyah. Maka mereka wajib ditolong dan dibantu agar bisa merebut kembali negeri mereka dari musuh kafir ateis, yang tidak pernah berhenti menyakiti dan merusak kaum Muslimin.”
Peganglah ucapan para ulama, dan tinggalkan ucapan orang selain mereka.
Semoga Allah menolong penduduk Gaza, memuliakan mereka di atas musuh-musuh mereka, membatalkan tipu daya musuh, menghancurkan tentaranya, menyingkap kejahatannya, dan menyibukkan mereka dengan urusan mereka sendiri.
Ditulis oleh: Faisal bin Qazzar Al-Jasim
26 Rabiul Awal 1445 H
11 Oktober 2023 M

COMMENTS

Nama

Afghanistan,22,Aksi,1,Artikel,65,Buletin Kabar Dunia Islam,1,Data Kebiadaban Israel,5,Daulah Utsmaniyah,1,Doa,8,Dokumenter Perjuangan Palestina,13,Dukungan Untuk Palestina,12,Dukungan untuk Perjuangan Palestina,53,Duta Besar Palestina,3,Ebook,30,Fatwa Boikot,8,Film Dokumenter Palestina,11,Hamas,25,Ikhwanul Muslimin,7,Isi Buku,4,Israel,4,Isu Syiah,4,Kajian,14,Karya Ilmiah,7,Kisah Syuhada,1,Laporan Strategis Palestina,3,Lembaga Kemanusiaan,1,Membongkar Hoaks,2,Menjawab Syubhat,4,Palestina-Diaspora,2,Palestina-Jalur Gaza,11,Palestina-Tepi Barat,3,Survei,3,Thaliban,22,Tulisan Ustadz Budi Ashari,67,Ulama-Ustadz-Akademisi,111,Ustadz Budi Ashari,67,Video,61,Wawancara,3,
ltr
item
Ya-Aqsha Media: Nasehat Syaikh Faisal bin Qazzar Al-Jasim Tentang Kewajiban Kaum Muslimin Terhadap Genosida Gaza
Nasehat Syaikh Faisal bin Qazzar Al-Jasim Tentang Kewajiban Kaum Muslimin Terhadap Genosida Gaza
Ya-Aqsha Media
https://ya-aqsha.blogspot.com/2023/10/nasehat-syaikh-faisal-bin-qazzar-al.html
https://ya-aqsha.blogspot.com/
https://ya-aqsha.blogspot.com/
https://ya-aqsha.blogspot.com/2023/10/nasehat-syaikh-faisal-bin-qazzar-al.html
true
1607972164486125252
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content